oleh

Untuk Mendukung Proses Digitalisasi Pendidikan Pemerintah Luncurkan Satelit Bernama Satria

SATRIA (Satelit Republik Indonesia). Foto Indonesiabaik.id

News Report.id – Menteri Riset dan Teknologi/ Kepala Badan Riset Nasional (Menristek/BRIN), Bambang Brodjonegoro mengatakan pemerintah akan meluncurkan satelit baru untuk mempercepat dan mendukung proses digitalisasi pendidikan. Satelit ini diyakini bakal menyentuh daerah yang saat ini belum mendapat akses internet.

Menurut Bambang satelit yang diluncurkan itu bernama Sateli Satria, rencananya satelit Satria ini diluncurkan dalam dua atau tiga tahun mendatang, hal tersebut disampaikan Bambang pada Webinar Public Private Dialogue on Indonesia‚Äôs Future Education: Post Covid-19 Recovery and Transformation Efforts yang diselenggarakan US-ASEAN Business Council berkolaborasi dengan Cisco beberapa saat yang lalu. Menurut Bambang rencana peluncuran Satelit ini sudah sejak beberapa tahun lalu, namun dengan kondisi pandemi Covid-19 akan dipercepat.

Satelit ini dalam perencanaannya dapat memberikan layanan internet pada 149.400 wilayah di seluruh Indonesia. Kecepatan internet dari satelit Satria multi fungsi ini mencapai 30 megabyte perdetik. Dan satelit ini diprioritaskan untuk dunia pendidikan. “Satelit ini yang paling utamanya untuk digunakan dalam dunia pendidikan. Pendidikan bakal menjadi prioritas utama dari keberadaan Satelit Satria ini,” terang Bambang.

Selain untuk pendidikan, satelit ini juga dapat digunakan untuk digitalisasi bidang lain seperti untuk percepatan digitalisasi di perusahaan termasuk untuk inovasi bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar bisa bertahan dan berkembang baik,”lanjut Bambang.

Menurut Bambang, pengadaan satelit merupakan cara ampuh untuk meningkatkan ketersediaan internet. Meski mahal, keberadaan satelit ini akan lebih baik dari pada Indonesia terus menarik kabel internet jenis fiber optic.

Sebagaimana yang dilansir dalam beberapa media, Pemerintah melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah meneken kerja sama dengan badan usaha milik swasta untuk mewujudkan proyek Satelit Multi Fungsi (SMF). Satria adalah kependekan dari Satelit Republik Indonesia. Total nilai pengerjaan proyek Satelit ini mencapai 21,4 Triliun.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed