oleh

Tujuh Unit Ruko di Lembor Mabar Hangus Terbakar

Labuan Bajo, Newsreport.id – Polres Manggarai Barat, TNI dan Forkopimcam Lembor bersama masyarakat berhasil memadamkan kebakaran 7 (tujuh) unit bangunan ruko di Pasar Lembor, Kelurahan Tangge, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat, Jumat 5 Februari 2021.

Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, melalui Kapolsek Lembor AKP Abdul Malik mengatakan, petugas dari Polsek Lombor dan Koramil 1612-06/Lembor serta Forkopimca langsung menuju TKP sesaat setelah kebakaran terjadi sekitar pukul 11.00 Wita.

“Setelah mendapatkan informasi dari masyarakat, kita langsung bergerak menuju TKP dan membantu memadamkan api,” katanya kepada Newsreport, Jumat 5 Februari 2021.

Kobaran api yang cukup besar ditambah bangunan yang berdampingan sehingga api cepat meluas dan melalap 7 (tujuh) ruko sekaligus.

Untuk memadamkan api, petugas TNI-Polri dan dibantu 6 unit mobil tangki air serta dibantu warga setempat. Petugas berusaha memadamkan api agar tidak merambat ke bangunan lainnya.

“Hampir 2 (dua) jam, petugas saling membantu untuk menjinakkan si jago merah, kobaran api pun berhasil dipadamkan pada pukul 12.45 Wita. Oleh gabungan TNI-Polri dibantu warga sekitar TKP,” tuturnya.

Berdasarkan keterangan saksi kata dia, kebakaran pertama kali diketahui oleh Faratody Rio Eka Wijaya (35) yang melihat kobaran api di atas plafon rumahnya.

“Mendapati kebakaran, saksi kemudian mencoba memadamkan api tersebut dan berteriak minta tolong hingga warga berdatangan dan membantu memadamkan api, akan tetapi api tersebut dengan cepat merambat ke seluruh ruangan dan ke 7 (tujuh) ruko yang ada di sekitarnya,” katanya.

AKP Abdul Malik menambahkan, dugaan sementara penyebab kebakaran berasal dari konsleting listrik, sementara itu untuk korban jiwa tidak ada.

“Dugaan sementara karena konsleting listrik, untuk korban jiwa dipastikan tidak ada. Semua penghuni ruko saat kejadian sudah dievakuasi dengan bantuan masyarakat,” pungkasnya.

Dikatakan, hingga kini anggotanya masih melanjutkan pemeriksaan terhadap saksi–saksi untuk memastikan penyebab kebakaran. 

Petugas Kepolisian juga telah memasang police line (Garis Polisi) serta mengatur lalu lintas di sekitar lokasi kebakaran yang memang berada di area pasar. 

Personel Polsek Lembor bersama Koramil 1612-06/Lembor masih berjaga ketat di lokasi kebakaran untuk memastikan keamanan warga yang mendatangi TKP. Hal ini dikhawatirkan karena banyak puing–puing bangunan bekas terbakar yang sewaktu–waktu bisa roboh.

“Kerugian Materil di perkirakan mencapai kurang lebih Rp. 1.595.000.000.- (satu miliar lima ratus sembilan puluh lima juta rupiah),” jelas Kapolsek Lembor.

“Kepada korban agar tetap tegar dan sabar atas musibah kebakaran yang di alami dan saya mengimbau kepada masyarakat apabila meninggalkan rumah agar mematikan kompor, memperhatikan kontak listrik khususnya bagi masyarakat yang memiliki usaha pertokoan,” tambahnya lagi.

Penulis : Charles Abar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed