oleh

Rangkaian HUT ke-49, DPC PDI Perjuangan Manggarai Tanam Pohon dan Bagi Sembako

Ruteng, Newsreport.id – Pengurus DPC PDI Perjuagan Kabupaten Manggarai memberikan bantuan sembako untuk Panti Asuhan Wae Pecah dan menanam 200 bibit pohon di embung Wae Pecah, Desa Lalong, Kecamatan Wae Rii, Kabupaten Manggarai – NTT, Minggu 23 Januari 2022.

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Manggarai, Aven Mbejak mengatakan bahwa kegiatan itu dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap alam dan lingkungan, sebab pohon dinilai membeberikan banyak manfaat untuk keberlangsungan hidup manusia serta makluk hidup lainnya.

Penanaman pohon ini jelas dia dilakukan serentak di Indonesia dalam rangka menyemarakan peringatan HUT ke-49 PDI Perjuangan, juga sebagai kado untuk Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri yang berulang tahun hari ini 23 Januari 2022.

Kegiatan penanaman pohon serentak di seluruh Indonesia yang dilaksanakan pada tahun ini merupakan pelaksanaan yang ke-3 dan DPP PDI Perjuangan telah menetapkan kegiatan ini menjadi agenda tahunan.

“Ini sebagai kontribusi nyata PDI Perjuangan menjaga dan merawat Nusantara, merawat Indonesia dan merawat Bumi agar senantiasa terjaga kelestariannya untuk keberlangsungan hidup manusia dan sebagai rasa syukur atas anugerah Tuhan yang maha kuasa atas bumi yang indah ini” katanya.

Ia menjelaskan bibit pohon yang ditanam oleh DPC PDI Perjuangan Manggarai di sekitar embung Wae Pecah adalah jenis pohon mahoni dan ara.

Dikatakan, pohon berperan besar dalam menjaga keseimbangan ekosistem di bumi, dengan manfaat utama sebagai penghasil oksigen, penyimpan karbon, penghasil kayu sebagai bahan baku bangunan, penghasil buah-buahan, bahan obat dan nabati lainnya, serta sebagai tempat berlindung berbagai spesies binatang.

Manfaat lainnya, sekumpulan pohon dapat mencegah bencana alam seperti tanah longsor, erosi, banjir dan membantu penyerapan air hujan ke dalam tanah serta dapat menyimpan persediaan air tanah agar memiliki persediaan saat kemarau tiba, menahan arus air laut yang dapat mengikis daratan petani.

“Sebagaian besar manfaat tersebut belum tergantikan sehingga pohon menjadi sumber daya sangat penting bagi kehidupan manusia” jelas dia.

Dikaitkan dengan air tanah, pohon memiliki hubungan yang sangat erat. Akar pohon mempunyai fungsi menahan laju air hujan yang jatuh ke permukaan tanah yang kemudian disimpan menjadi cadangan air untuk menghadapi musim kemarau.

Sehingga ketersediaan air tanah tetap terjaga secara berkesinambungunan, menjadikan debit mata air, sungai dan danau tetap besar, serta tidak terjadi kekeringan pada musim kemarau dan pada musim penghujan banjir tidak terjadi.

“Bukan hanya itu saja, akar pohon juga mampu mengikat butir-butir tanah sehingga dapat mencegah terjadinya erosi dan tanah longsor” pungkasnya. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed