oleh

Presiden Jokowi: Pancasila Jadi Fondasi Hadapi Ideologi Radikal

Newsreport.id – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021, bertempat di halaman Gedung Pancasila, Pejambon, Jakarta, Selasa 1 Juni 2021.

Upacara yang digelar secara virtual ini juga dihadiri Bupati Manggarai, Herybertus G. L. Nabit, Unsur Forkopimda, dan Pimpinan Perangkat Daerah, bertempat di Aula Ranaka Kantor Bupati Manggarai.

Dalam amanatnya, Presiden Jokowi menekankan agar peringatan Hari Lahir Pancasila yang digelar setiap tahunnya harus benar-benar dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Hal ini dikarenakan tantangan yang dihadapi Pancasila tidaklah semakin ringan. Globalisasi dan interaksi antar belahan dunia, tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan.

“Yang harus kita waspadai adalah meningkatnya rivalitas dan kompetisi, termasuk rivalitas antar pandangan, rivalitas antar nilai-nilai, dan rivalitas antar ideologi,” kata Presiden Jokowi.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, revolusi Industri 4.0, dan kemudahan dan kecepatan interaksi lintas negara, bisa dimanfaatkan untuk penyebaran ideologi transnasional yang mengganggu keutuhan nilai-nilai Pancasila.

“Kemudahan ini bisa digunakan oleh ideologi-ideologi transnasional radikal untuk merambah ke seluruh pelosok Indonesia, ke seluruh kalangan, dan ke seluruh usia, tidak mengenal lokasi dan waktu,” katanya.

Menghadapi situasi ini, dirinya berharap agar seluruh masyarakat Indonesia memanfaatkan perkembangan informasi dan teknologi, untuk memperkokoh Pancasila sebagai fondasi bangsa.

“Pancasila harus menjadi fondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkeindonesiaan,” tutupnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed