oleh

Pilkada Manggarai-NTT, DPS hasil PPDP ditemukan Rancu, Tim Hery-Heri Segera Menyurati KPU dan Bawaslu

Jubir Tim Kerja Pasangan Hery-Heri, Bona Onggot.

NTT, News Report.id – Mencermati DPS (data pemilih sementara), tim kerja Hery-Heri (herybertus nabit-heribertus ngabut) sejak dikeluarkannya DPS oleh KPU Manggarai melakukan pengecekan data dalam DPS tersebut dan dalam proses pengecekan ditemukan berbagai persoalan dalam DPS dimaksud.

Persolan yang cukup masif menurut tim kerja Hery-Heri adalah pemilih ganda dan pemilih yang terdaftar saat coklit (pencocokan dan penelitian) oleh PPDP (petugas pemutakhiran data pemilih) namun datanya tidak terakomodir di DPS. Ada juga data pemilih yang sudah meninggal dunia namun namanya masih ada dalam DPS.

Terkait persoalan ini, kami akan segera menyurati KPU dan Bawaslu secara resmi, surat tersebut akan dilampiri berbagai persoalan data calon pemilih yang bermasalah agar penyelenggara disemua tingkatan memperhatikan hal ini secara serius.

Hal tersebut disampaikan kepala sekretariat sekaligus juru bicara tim kerja Hery-Heri Bona Onggot kepada media berita di Ruteng (2/10/2020).

Menurut Bona, saat hadir diundang Bawaslu dalam kegiatan rapat kordinasi dengan stakeholder pada hari Kamis (1/10/2020), utusan dari tim Hery-Heri yang hadir dalam rapat tersebut mengangkat persolan ini.

melalui utusan tersebut kami meminta kepada Bawaslu Manggarai agar menangani dan memperhatikan persoalan ini secara serius, walau bagitu, kami tetap membuat surat kepada KPU dan Bawaslu Manggarai secara resmi untuk mendapat perhatian serius tentang persoalan data pemilih.

Lebih lanjut Bona menyampaikan, tentu yang kita harapkan output Pilkada ini mewujudkan Pilkada yang berkualitas, Pilkada yang mutu dan data pemilihnya dapat dipertanggungjawabkan.

Pilkada yang tingkat partisipasi pemilihnya meningkat dari sebelumnya. Serta pilkada yang jujur, adil serta transparan, dan menghasilkan pemimpin daerah dari hasil pemilu yang bermutu, bukan pemimpin dari hasil pemilu yang direkayasa.

Kita harapkan Pilkada yang adil, adil bagi pemilih, yaitu satu pemilih satu suara, bukan satu pemilih memiliki dua atau tiga hak suara karena namanya tercantum juga di TPS lain.

Pilkada yang adil bagi yang punya hak pilih yaitu diberi kesempatan untuk memilih dan namanya tercantum dalam DPS yang kemudian menjadi DPT sehingga hak sebagai pemilihnya terjamin.

Kita harapkan pemilu yang jujur, jujur membuat dan menampilkan data yang sebenar-benarnya, adil dan jujur itu mesti juga memperhatikan aspek ini, “ungkap Bona.

Lebih jauh Bona menyampaikan, Pilkada ini menjadi tidak elok jika dimulai dari data pemilih yang rancu, dan membiarkan terjadinya kerancuan data pemilih oleh karena lalai mengurus data pemilih secara serius ataupun sengaja dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab untuk merekayasa kecurangan dalam pelaksanaan Pilkada Manggarai.

Sudah saatnya Pilkada Manggarai dilaksanakan secara transparan, mulai dari data pemilih, agar kelalaian dan juga rekayasa data pemilih tidak dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab untuk melukai demokrasi Pilkada manggarai, yang kami harapkan dapat berjalan sesuai aturan yang ada, “terang Bona.

Menyinggung ada screenshot dari Whattshap Group dukungan pasangan calon tertentu yang di dalamnya ada sekolompok ASN (aparatur sipil negara) dan beberapa kepala desa di Manggarai menjadi anggota group tersebut, menanggapi hal tersebut, Bona, mengatakan, kami minta Pjs. Bupati Manggarai dan Sekda Manggarai dapat mengawasi dan melakukan penertiban untuk menjaga netralitas ASN dan Kepala desa di Manggarai.

Selain itu secara teknis kami menyerahkan itu kepada tim Lawyer Hery-Heri untuk mendalami kebenaran informasi tersebut, dan jika benar ada oknum ASN di group WA tersebut tentu akan diproses sesuai hukum yang berlaku.

Untuk diketahui, Pilkada Manggarai, NTT, diikuti dua pasangan calon, yaitu pasangan Deno Madur (kamelus deno-viktor madur) yang mendapat nomor urut 1 (satu) dan pasangan Hery-Heri (herybertus nabit-heribertus ngabut) yang mendapat nomor urut 2 (dua).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed