oleh

Pilkada 2020, Kominfo Sosialisasikan Pemilih Cerdas, Damai dan Sehat

Ilustrasi Pilkada 2020 (foto detiknews)

Jakarta, News Report.id – Kementeriaan Komunikasi dan Informatika tengah melaksanakan sosialisasi berkaitan dengan Pemilihan Umum Serentak 2020. Selaras dengan agenda Komisi Pemilihan Umum, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo mendorong agar warga Indonesia menjadi pemilih cerdas dan pemilih damai.

“Namun karena sekarang ini ada pandemi Covid-19, maka ada satu lagi tema yang akan kami sampaikan adalah pemilih sehat,” kata Direktur Informasi dan Komunikasi Politik, Hukum dan Keamanan, Ditjen IKP, Bambang Gunawan, dari Jakarta, Jum’at (18/09/2020)

Menurut Direktur Bambang, Kementerian Kominfo berkomitmen Pilkada 2020 yang akan diselenggarakan pada 9 Desember mendatang sepenuhnya mengedepankan protokol kesehatan, “Jadi insya Allah aman bagi peserta, aman bagi panitia dan aman bagi kita semua,” ujarnya

Pemilu Serentak yang akan berlangsung 9 Desember 2020 nanti akan memilih Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota di 9 Provinsi, 224 Kabupaten dan 37 Kota di Indonesia.

Direktur Informasi Polhukam Ditjen IKP menyatakan Pilkada Serentak 2020 terbilang unik karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19. Oleh karena itu, penyelenggaraan Pemilu akan berbeda jika dibandingkan dengan Pilpres atau Pileg 2019.

“Namun Kementerian Kominfo terus berkomitmen dalam melaksanakan sosialisasi, baik sosialisasi pemilih cerdas, pemilih damai dan pemilih sehat,” tegasnya.

Menurut Direktur Bambang, Kementerian Kominfo juga memperoleh tugas untuk mensosialisasikan Pilkada Serentak agar target partisipasi masyarakat bisa tercapai.

“Target partisipasi 77,5% sama seperti Pilpres 2019, Alhamdulillah kalau Pilpres tahun lalu partisipasi bisa melampaui 77,5%, sekitar 80% lebih,” imbuhnya

Mewakili Dirjen IKP Kominfo Widodo Muktiyo, Direktur Bambang mengapresiasi webinar bertema “Pencegahan Penyebaran Berita Hoax Menjelang Pemilu Pilkada 2020 di Media Massa”, yang diselenggarakan oleh Dewan Pers.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed