oleh

Petugas KPPS Pilkada 2020 Direkrut November

Pilkada Serentak, (Ilustrasi; Radar Bogor)

Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) tengah mempersiapkan perekrutan tenaga ad hoc penyelenggara pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020. Perekrutan dimulai November 2020.

“Kami juga bersiap-siap akan melakukan rekrutmen SDM (sumber daya manusia) untuk penyelenggara (pemungutan suara),” kata Ketua KPU Arief Budiman dalam diskusi virtual, Jakarta, Selasa, 8 September 2020.

Rekrutmen yang dimaksud yaitu petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Namun, Arief tidak menjelaskan secara rinci jumlah tenaga ad hoc yang bakal direkrut.

Sebelumnya, KPU menerapkan syarat khusus bagi masyarakat yang ingin menjadi petugas KPPS, PPK, dan PPS. Usia calon petugas tidak boleh lebih dari 50 tahun.

Syarat khusus ini dibuat karena Pilkada 2020 diselenggarakan di tengah pandemi virus korona (covid-19). Ketentuan itu diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pilkada dalam Kondisi Bencana Nonalam Covid-19.

Sumber berita, medcom.id

https://m.medcom.id/pilkada/news-pilkada/xkEYBe3k-petugas-kpps-pilkada-2020-direkrut-november

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed