oleh

PERUBAHAN ITU KEHENDAK MASYARAKAT (Dua)

ADVETORIAL

Sedangkan sorotan masyarakat terhadap petani adalah meminta kebijakan pertanian yang tidak terbatas pada kelompok tani tertentu saja tetapi memprioritaskan kepentingan petani secara umum terutama berkaitan dengan kebutuhan pupuk.

Petani meminta adanya ketersedian pupuk yang cukup, serta distribusi pupuk ke petani yang tepat waktu. Juga perhatian terhadap benih tanaman, terhadap kesulitan pengairan, pengolahan lahan tidur, penerapan inovasi dan teknologi pertanian serta akses pasar untuk penjualan hasil pertanian dan peternakan.

Yang tidak kalah penting dari dialog-dialog dengan masyarakat adalah soal aset. Masyarakat meminta agar perhatian terhadap aset daerah menjadi hal yang penting diperhatikan kedepannya. Terutama terkait pendataaan, bukti secara hukum, pengamanan, perawatan, pemanfaatan dan pengelolaan aset agar diperhatikan dengan baik. Sehingga keberadaan aset-aset tersebut tidak disalahgunakan untuk kepentingan pihak tertentu termasuk tidak dihibahkan kepada pihak lain.

Semua hasil dialog dengan masyarakat di atas, oleh bakal calon pasangan Hery-Heri dan tim dijadikan sebagai masukan untuk pembenahan kebijakan pembangunan Manggarai kedepannya, dan umumnya masukan-masukan itu dijawab dalam konsep dan perencanaan pembangunan yang dimiliki bakal calon ini.

Tentu persoalan-persoalan yang diangkat masyarakat tersebut dicatat dan dianalisis bersama oleh pasangan ini dan oleh tim kerja yang telah dibentuk. Dianalisis agar menemukan apa akar persoalan dari setiap persoalan-persoalan yang ada di masyarakat.

Kemudian memikirkan bagaimana mengubah dan memperbaiki kondisi-kondisi di atas. Dan selanjutnya bagaimana mengatasinya serta menyiapkan tindakan konkrit yang dilakukan sebagai solusi, termasuk merencanakan penganggarannya.

Sehingga bagi pasangan ini, dalam merencanakan sesuatu dapat segera diketahui tujuan dan sasarannya apa, dampak dan manfaat selanjutnya bagaimana, sumber anggarannya seperti apa, mempertimbangkan seperti apa regulasinya, dan kemudian bagaimana melaksanakannya secara teknis di lapangan.

Agar kemudian jika bakal calon ini terpilih, mampu menerapkan kebijakan yang dapat dilaksanakan secara sistematis untuk menjawab persoalan-persoalan yang ada. Dan berupaya menerapkan segala kebijakan-kebijakan yang dilakukan kedepan secara konsisten sesuai dengan perencanaan yang ada dan output yang ingin dicapai.

Intinya, bakal calon ini bersama tim menyusun konsep-konsep pembangunan menggunakan pendekatan Bottom Up  yaitu mendengar arus bawah, dan melihat realita di lapangan, kemudian menindaklanjutinya dalam rumusan dan kajian-kajian yang sesuai agar dapat menafsirnya secara benar, menyiapkan solusinya, menentukan skala prioritas dan kemudian dapat ditindak lanjuti secara konsisten, tepat sasaran dan realistis.

Serta kemudian mendorong bakal calon pasangan ini untuk berkomitmen menyelesaikan semua yang direncanakan jika pada saatnya terpilih dalam kontestasi Pilkada Manggarai 9 Desember 2020 mendatang demi “Mewujudkan Manggarai Yang Maju dan Berdaya Saing” yang merupakan visi paket ini.

Dan selanjutnya visi di atas dijabarkan dalam tiga misi antara lain; (satu) Perekonomian masyarakat Manggarai yang adil dan sejahtera. (dua) Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat Manggarai yang berdaya saing. (tiga) Mewujudkan lingkungan bermutu, dan (empat) Tata kelolah pemerintahan yang profesional.

Bagi paket ini, membangun sebuah komitmen itu sangat penting dilakukan. Penting karena dengan itu janji-janji politik yang disampaikan kepada masyarakat saat sosialisasi dan berkompanye tidak kemudian diingkari, tetapi diterapkan secara konsisten dan bertanggungjawab sebagai janji yang penting untuk direalisasikan.

Komitmen ini penting, sebagai bentuk tanggungjawab moral dalam mengemban tugas yang dipercayakan oleh karena masyarakat percaya bahwa apa yang disampaikan sangggup terealisasi dalam pelaksanaan tugas kedepannya dari pasangan ini.

Karena kemudian masyarakat mengukur keberhasilan Bupati dan Wakil Bupati pada janjinya, yaitu apa-apa saja janjinya saat berkompanye dan sejauh mana janji-janji itu secara konsisten dilaksanakan saat menjadi Bupati dan Wakil Bupati. (Bersambung ……)

Klik disini Perubahan Bagian (Satu) :
https://www.newsreport.id/perubahan-itu-kehendak-masyarakat/

Klik disini Perubahan Bagian (Tiga) :
https://www.newsreport.id/perubahan-itu-kehendak-masyarakat-3/

Tim Media Center Hery-Heri

*Isi naskah pada rubrik Advetorial ini sepenuhnya tanggung jawab pengirim dan/atau pemilik naskah berita.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed