oleh

Peringatan Detik-Detik Proklamasi Yang Unik Di Wae Rebo, Manggrai , NTT

News Report.id – Sekelompok orang dalam jumlah besar menyelenggarakan peringatan kemerdekaan Republik  Indonesia di kampung wisata Wae Rebo. Dalam video yang beredar, tampak beberapa orang memanjat bubungan rumah menggunakan alat bantu tangga dari sambungan beberapa potong bambu. Sementara beberapa orang menaiki tangga dan membawa bendera untuk dipasang pada tiang di atas bubungan pada salah satu rumah adat tersebut, dan sejumlah orang lainnya berdiri menyanyikan lagu Indonesia Raya. Saat menyanyikan lagu tersebut tampak wisatawan yang hadir melakukan penghormatan bendera termasuk  wisatawan manca negara juga ikut melakukan penghormatan.

Screeshoot 1; sejumlah orang membawa bendera merah putih untuk dipancang di atap bubungan rumah adat Wae Rebo dan sebagian orang melakukan penghormatan.

Kegiatan yang unik tersebut dilakukan oleh sekelompok orang yang jumlahnya cukup banyak, dan kegiatan tersebut sepertinya dilakukan pada tanggal 17 Agustus 2020, yaitu saat memperingati detik-detik proklamasi Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke 75. Namun sampai berita ini ditulis belum mengetahui secara pasti siapa saja yang berinisiatif termasuk yang hadir dan terlibat langsung melakukan kegiatan di tempat tersebut.

Screeshoot 2; memancang bendera merah putih dan tampak berkibar diujung atap bubungan rumah adat Wae Rebo

Pemandangan yang unik dan menarik ini menjadi tontonan banyak orang di media sosial, salah satunya pada akun Facebook atas nama Willy Sampur yang memosting video tersebut pada dinding Facebooknya pada tanggal 18 Agustus 2020. Tidak ada keterangan yang disampaikan terkait kegiatan tersebut selain diberi judul “Dirgahayu RI 75 Upacara Bendera Di Wae Rebo”. Pemilik akun tersebut juga mengijinkan kepada orang yang ingin menshare video tersebut. Selain pada akun Facebook tersebut, sebagian orang juga menonton video kegiatan tersebut pada media Whatsapp yang dishare dari orang perorangan.

Screenshoot 3; sejumlah orang lainnya melakukan penghormatan sambil menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Sebagai informasi tambahan, Wae Rebo adalah tempat wisata yang berlokasi di Kecamatan Satarmese Barat, Kabupaten Manggarai, NTT. Desa tersebut dijadikan sebagai salah satu tempat wisata yang terindah di Indonesia. Desa ini  terletak diketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Di kampung ini hanya terdapat 7 rumah utama yang disebut sebagai Mbaru Niang. Desa Wae Rebo,  oleh Unesco pada tahun 2012 ditetapkan sebagai situs warisan budaya dunia.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed