oleh

Pendidikan Di Tengah Pandemi Covid-19; Pemerintah Siapkan Subsidi Pulsa Untuk Guru, Murid, Dosen dan Mahasiswa

Sumber Gambar Cybertreath.id

JAKARTA, NEWS REPORT.ID – Dalam rangka pelaksanaan belajar dan mengajar jarak jauh menggunakan media daring sebagai akibat dari pandemi Covid-19, pemerintah memberikan bantuan berupa subsidi pulsa untuk guru dan murid.

Hal tersebut disampaikan kepada awak media di Jakarta oleh Menteri Komunikasi dan Informatika ( Menkominfo) Johnny G Plate. Menurut beliau, subsidi pulsa bagi para tenaga pengajar dan murid akan mulai digulirkan pada September 2020.

Lebih lanjut Johnny menyampaikan, apabila penyesuaian DIPA (Daftar Isian Pelaksana Anggaran) bisa segera selesai, maka subsidi tersebut mulai digulirkan pada bulan September hingga Desember 2020.

Saat ini, menurut Jhonny, pemerintah tengah menghitung besaran subsidi yang akan diberikan kepada siswa, mahasiswa, para guru dan dosen.

“Paket data saja sekitar Rp 7,8 triliun plus beberapa insentif lainnya yang sedang dibicarakan. Satuan kerja berada di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud),” kata Johnny.

Ia mengatakan, pihaknya memberikan dukungan kepada Kemendikbud untuk merealisasikan insentif data untuk lingkungan pendidikan yang dibiayai oleh anggaran pendapatan belanja negara (APBN) tersebut.

Dalam hal ini, tugas Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama operator seluler menyelesaikan pembangunan infrastruktur telekomunikasi.

“Dalam pembicaraan dengan kami, dari awal pandemi Covid-19 operator seluler sudah menyediakan insentif paket data setara Rp 1,9 triliun per bulan untuk siswa dan mahasiswa yang diatur sendiri oleh mereka,” kata Johnny.

Sebelumnya, dalam sebuah Webinar, Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Erick Thohir mengatakan, saat ini pemerintah tengah mengkaji untuk memberikan subsidi pulsa bagi para tenaga pengajar dan murid.

Sebab, selama pandemi Covid-19 mendera Indonesia, proses belajar mengajar dilakukan secara daring, “ujar Erick.

Namun kini bantuan tersebut menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, tidak hanya untuk guru dan murid tetapi sudah termasuk dosen dan mahasiswa. Mengutip berita Jawa Pos (27/8), Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan bahwa para siswa dan mahasiswa akan mendapatkan bantuan pulsa untuk menjalani pembelajaran jarak jauh (PJJ). Bantuan ini akan bergulir hingga 4 bulan ke depan.

Siswa akan mendapat bantuan 35 GB per bulan, kemudian untuk guru sebanyak 45 GB per bulan. Sedangkan untuk mahasiswa dan dosen sebesar 50 GB per bulan, “tutup Nadiem dalam Berita Jawa Pos.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *