oleh

Ansy Lema Berikan Bantuan Untuk Kelompok Tani di Kabupaten Ende

NTT, NewsReport.id – Untuk menjawabi aspirasi masyarakat khususnya para petani, anggota DPRD RI dari Fraksi PDI Perjuangan asal Propinsi NTT Yohanis Fransiskus Lema, S.Ip, M.Si atau yang akrab disapa Ansy Lema kembali memberikan bantuan sejumlah 42 unit pompa air dan 5 unit traktor tangan. Hal tersebut diupayakan Ansy melalui kerja sama dengan Direktorat Jendral Sarana dan Prasarana (PSP) Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Sejumlah pompa air dan traktor tersebut sudah tiba di (Alsintan) Dinas Pertanian Kabupaten Ende. Bantuan ini merupakan hasil kerja sama dengan Direktorat Jendral Sarana dan Prasarana Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia, “tulis Ansy dalam akun Facebooknya.

Bantuan 5 unit traktor tangan (hand tractor) dan 40 unit pompa air telah tiba di Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Ende. Selanjutnya, bantuan alat mesin pertanian (alsintan) ini akan dibagikan kepada kelompok tani di Kabupaten Ende.

Meskipun Kabupaten Ende tidak termasuk Daerah Pemilihan NTT II, tetapi saya berkomitmen untuk turut membantu kelompok petani sebisa mungkin.

Pemerintah Daerah Kabupaten Ende melalui Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan proaktif menyampaikan aspirasi petaninya (kepada Ansy Lema, red.).

Teknologisasi pertanian modern melalui penggunaan alat mesin pertanian harus bisa dirasakan manfaatnya oleh semua petani di NTT.

Bantuan traktor tangan sangat bermanfaat bagi petani untuk menggemburkan lahan-lahan hortikultura. Dan Pompa air bermanfaat untuk mengatasi kekeringan, mengalirkan air ke tempat yang lebih tinggi.

Saya berharap, kelompok petani penerima bantuan alsintan ini menjaga, merawat dan menggunakannya sebaik mungkin’ tulis Ansy di akun media sosial Facebook tersebut.

88 Unit Pompa Air Untuk Rote Ndao

Sebelumnya, untuk menjawabi aspirasi masyarakat, khususnya para petani di kabupaten Rote Ndao, Ansy Lema telah memberikan bantuan sejumlah 88 unit pompa air.

Sejumlah pompa air tersebut sudah berada di Gudang Alat Mesin Pertanian (Alsintan) Dinas Pertanian Kab Rote Ndao.

Hal tersebut juga disampaikan Ansy Lema kepada publik melalui akun pribadinya pada media sosial Facebook. Menurut Ansy, selanjutnya, 88 pompa air itu akan dibagikan kepada kelompok tani sesuai Calon Penerima Calon Lokasi (CPCL) yang sudah didata sebelumnya.

Menurut Ansy, Ihwal pengadaan pompa air bermula dari keluhan para petani saat melaksanakan reses.  Saat reses, mereka meminta agar saya dapat memberikan bantuan pompa air, “tulis Ansy..

Ansy melanjutkan, Pompa air listrik sangat bermanfaat untuk melakukan pengairan. Dia berharap bantuan pompa air ini dapat membantu mengatasi kekeringan.

Kabupaten Kupang Juga Telah Dapat

Selain bantuan pompa air dan traktor, Ansy juga telah memperjuangkan sejumlah 15 Cultivator untuk petani kabupaten Kupang. Dan sejumlah Cultivator tersebut telah diserahkan Ansy kepada kelompok petani di Kabupaten Kupang.

Bantuan ini adalah hasil kerja sama dengan Direktorat Jenderal Sarana dan Prasarana Kementerian Pertanian (Kementan).

Cultivator adalah jenis alat mesin pertanian yang sangat berguna untuk pengolahan lahan sekunder. Cultivator mengaduk dan menghancurkan gumpalan tanah besar sebelum penanaman (mengaerasi tanah), juga setelah benih ditabur (untuk membunuh gulma).

Menurut Ansy, ketika turun reses, pengadaan alsintan cultivator sering disuarakan para petani di Kabupaten Kupang dan daerah lainnya.

Melalui bantuan cultivator ini, para petani dapat menggenjot produktivitas pangan mereka, terutama hortikultura dan sayur-sayuran.

Potensi pasar hortikultura dan sayur-sayuran di Kabupaten Kupang sangat besar, karena dekat dengan Kota Kupang, Ibu Kota Provinsi NTT.

Peningkatan produksi yang disertai perbaikan kualitas tanaman dapat meningkatkan ekonomi rumah tangga petani di Kabupaten Kupang.

Saya berharap kelompok penerima bantuan merawat dan menggunakan alsintan cultivator ini sebaik-baiknya.

Dalam akun facebooknya, Ansy juga menulis ucapan terima kasih “Terima kasih kepada pemerintah khususnya kepada Menteri Pertanian Bapak Syahrul Yasin Limpo, Dirjen PSP Bapak Sarwo Edhy dan Direktur Alsinta Bapak Andi Nur Alam Syah atas pemberian bantuan ini, “tulis Ansy.

Kabupaten Manggarai juga berharap

Tidak ketinggalan, masyarakat petani di Manggarai, juga mengusulkan Alsintan kepada anggota DPR RI dan Pemerintah Pusat. Salah satu ketua kelompok tani di Manggarai Ansel Deok, menyampaikan, kami sering mendengar pa Ansy memberikan bantuan Alsintan di banyak tempat di NTT ini, kami mengharapkan pa Ansy juga bisa memperhatikan Alsintan bagi petani di Manggarai.

“Kami berharap dengan terpilihnya pak Hery Nabit dan pak Heri Ngabut sebagai bupati dan wakil bupati Manggarai yang baru dapat membangun komunikasi yang baik dengan anggota DPR RI seperti pak Ansy Lema agar dapat memberikan perhatian yang sama untuk kabupaten Manggarai, “tutur ketua kelompok Tani Locak Jaya tersebut pada News Report.id di Ruteng pada Rabu, 16/12/20. (vt).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed