oleh

LSM Sejahtera Desa Ku; Fokus Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Kearifan Lokal

Pelatihan pembuatan sabun cair oleh LSM Sejahtera Desa Ku

News Report.id – LSM Sejahtera Desa Ku terus menyelenggarakan kegiatan pemberdayaan masyarakat desa. Adapun beberapa program unggulan yang dilakukan LSM ini adalah peningkatan kualitas kain tenun songke, pembuatan pupuk cair kelapa muda, budidaya jahe merah dalam sak semen bekas, teknologi tanam hemat air menggunakan pempers bekas pakai anak-anak, pembuatan kecap manis dengan bahan dasar air Nira dari pohon Enau dan pembuatan teh herbal bahan dasar daun Salam dan daun Sirsak.

Selain program unggulan tersebut, LSM ini juga menawarkan materi antara lain pelatihan pembuatan sabun cair ramah lingkungan, pelatihan pengolahan ikan Bandeng, dan berkaitan dengan mengatasi pandemi Covid-19, LSM ini membuat pelatihan pembuatan cairan antiseptik untuk pencegahan virus Covid-19 bahan dasar daun Sirih.

LSM ini berdiri sejak tahun 2014, didirikan oleh seorang pegiat lingkungan hidup di Flores, NTT bernama Yuvens Janggat. Selain sebagai pendiri, beliau sekaligus juga menjadi direktur lembaga tersebut.

Menurut Yuvens, LSM ini bergerak dalam pemberdayaan masyarakat desa dan kegiatan penyelamatan lingkungan hidup dan materi pemberdayaan yang dilakukan lembaga ini berfokus pada kearifan lokal. LSM yang berkantor di Lawir, Ruteng, Kabupaten Manggarai, NTT ini telah menjadi partner Dinas PMD (Pemberdayaan Masyarakat dan Desa) Provinsi NTT dan sebagai lembaga P2KTD (Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa) untuk program inovasi desa, “lanjut Yuvens.

Dan dalam keberadaannya sebagai P2KTD, LSM Sejahtera Desa Ku menjadi lembaga profesional yang menyediakan jasa keahlian teknis tertentu di bidang pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan sumber daya manusia, dan infrastruktur desa, “tutupnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed