oleh

Komisi X DPR RI Meminta Sejumlah Anggaran POP dialihkan untuk PJJ

Seorang Murid SMP di Flores mengikuti PJJ

News Report.id – Terkait pelaksanaan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ), Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memangkas anggaran POP (Program Organisasi Penggerak) sejumlah 499 miliar.

Lebih lanjut Syaiful meminta agar anggaran 499 miliar tersebut dialokasikan sebagai bantuan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ), dan dana ini digunakan untuk mensubsidi kegiatan belajar siswa selama pandemi Covid-19.

Hal ini dipertimbangkan untuk mendukung kegitan PJJ yang dalam pelaksanaannya di lapangan mengalami kesulitan luar biasa seperti kendala jaringan internet, paket data, dan ketiadaan perangkat daring seperti HP, Laptop dan sebagainya. “Ujar Syaiful.

Menurutnya dana tersebut bisa digunakan untuk subsidi kuota dan membeli ponsel pintar (smartphone) bagi siswa yang kesulitan membelinya“Tutup Syaiful.

Sementara itu, terkait pelaksanaan PJJ, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Iwan Syahril mengaku sedang melakukan negosiasi dengan penyedia jasa telekomunikasi di tanah air. Dia berharap, dengan negosiasi tersebut akan mendapat paket internet yang terjangkau untuk mendukung PJJ di masa pandemi covid-19 ini.

Termasuk adanya upaya subsidi dari pemerintah agar harga paket internet lebih murah bagi kebutuhan pendidikan serta untuk menyediakan sarana dan prasarana pendukung lainnya seperti peralatan telekomunikasi pendukung PJJ yaitu Hand Phone dan Laptop. “tutup Iwan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed