oleh

Kemendikbud Surati Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota Dalam Rangka Subsidi Pulsa Pendidikan Jarak Jauh

Surat Dirjen Pauddasmen Untuk Dinas Pendidikan Provinsi, Kabupaten/Kota

Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengetuk palu kebijakan subsidi pulsa untuk guru, murid, dosen dan mahasiswa, hal tersebut sebagai upaya pemerintah agar pendidikan bisa dilaksanakan dengan metode pendidikan jarak jauh di tengah pandemi Covid-19.

Keputusan tersebut dilaksanakan sebagai realisasi dari Surat Keputusan Bersama empat Kementerian yaitu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Tahun Ajaran 2020-2021.

Saat menyampaikan informasi tersebut kepada media berita di Jakarta, 27/8, Mendikbud, Nadiem Makariem mengatakan total anggaran yang disiapkan untuk subsidi pulsa ini sebesar Rp. 7,2 triliun.

Masih menurut Nadiem, bantuan subsidi tersebut diberikan dalam bentuk paket Internet, dan diberikan selama 4 bulan yaitu dari September hingga Desember 2020. Dengan rincian untuk siswa akan mendapat 35 GB perbulan, untuk guru akan mendapat 45 GB perbulan, untuk mahasiswa dan dosen masing-masing mendapat 50 GB perbulan, “tutup Nadiem.

Untuk memudahkan penyaluran, pulsa tersebut yang akan langsung dikirim dalam bentuk pulsa paket pada nomor handphone milik siswa, guru, dosen dan mahasiswa. Kementerian pendidikan telah mengeluarkan surat edaran kepada setiap dinas pendidikan kabupaten dan propinsi terkait subsidi khusus untuk siswa.

Surat yang dikeluarkan pada tanggal 27/8 oleh Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, antara lain berbunyi, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan memberikan bantuan kuota internet untuk memperlancar proses belajar mengajar bagi peserta didik selama masa pandemi Covid-19.

Selanjutnya, dalam surat tersebut meminta agar dinas setempat untuk mengkordinasi setiap Kepala Satuan Pendidikan agar melengkapi nomor Hanphone untuk peserta didik yang aktif melalui aplikasi dapodik.

Selain itu, dalam surat tersebut juga mencantumkan batas waktu pengisian yaitu batas waktu pengisisan data tersebut (nomor handphone) diberi batas sampai tanggal 31 Agustus 2020.

Selain surat di atas, juga terdapat video yang berisi tentang mekanisme dan cara penyaluran bantuan subsidi paket Internet seperti berikut yang diambil dari alamat url https://youtu.be/detMdQLynEY yang dirilis News Report.id dari Cyberthreat.id.

.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed