oleh

Inovasi saat Pandemi, Dua Sekolah di Manggarai Raih Penghargaan

Ruteng, Newsreport.id – Konsisten dalam penerapan program inovasi pembelajaran selama masa pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Manggarai memberikan penghargaan dan apresiasi kepada Dua sekolah di Kabupaten Manggarai, Selasa 30 November 2021.

Kedua sekolah tersebut yakni Sekolah Menengah Atas Katolik (SMAK) Santu Fransiskus Xaverius Ruteng dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 4 Langke Rembong.

Penghargaan ini diberikan langsung oleh Bupati Manggarai Herybertus GL. Nabit di Aula Ranaka Kantor Bupati Manggarai dan dihadiri kepala sekolah dan guru-guru dari sekolah yang mendapat penghargaan.

Bupati Hery dalam sambutannya menyampaikan, setiap inisiatif semasa pandemi Covid-19 merupakan inovasi yang baik dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah.

“Di tengah pandemi Covid-19, saya kira sudah pada tempatnya untuk setiap inisiatif-inisiatif yang baik. Yang kita sebut inovasi,” katanya.

Menurut Bupati Hery, pemerintah tentu menghargai inisiator awal dan yang berkonsisten dalam melakukan program berinovasi.

“Kadang kita mulai melakukan sesuatu tapi apakah kita konsisten melaksanakan itu?” ujarnya.

“Saya kira hari ini kita sedang menghargai inisiasi dan konsistensi dari kepala sekolah baik tingkat SMP maupun SMA yang sedikit banyak juga menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain” tambahnya.

Menurut politisi PDI Perjuangan itu, pendidikan merupakan jembatan menuju kesetaraan. Sebab tanpa pendidikan, orang tidak akan setara.

“Tanpa pendidikan perempuan akan tinggal di belakang terus, tanpa pendidikan anak petani akan jadi petani terus” tegasnya.

Untuk itu, kata dia, pendidikan lah yang membuat orang beralih ke tangga yang lebih tinggi. Sehingga melalui pendidikan yang bermutu membuat orang bakal lompat kelas.

“Karena naik kelas itu hal biasa, tapi lompat kelas yang luar biasa,” ujarnya.

Di akhir sambutannya, Bupati Hery mengajak guru-guru agar wujudkan pendidikan di Manggarai yang bermutu.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Manggarai, Fransiskus Gero menyampaikan apresiasi atas kinerja dari dua kepala sekolah yang telah mendapatkan penghargaan dari Pemkab Manggarai.

Ia berharap, penghargaan itu akan menjadi daya pacu bagi sekolah lain agar terus berinovasi. Sebab di tengah pandemi Covid-19, kedua sekolah ini masih mampu berbuat lebih baik dan lebih banyak, terutama tentang implementasi pembelajaran daring berbasis ITE.

“Keduanya cukup banyak inovasi yang mereka lakukan. Jadi kita apresiasi karena pada saat itu praktis seluruh pembelajaran sifatnya non tatap muka” Ungakap Ketua PA Alumni GMNI Manggarai itu.

“Sekolah-sekolah itu di tengah keterbatasan SDM dan sumber daya dukung lainnya uang, android, pulsa mereka tetap jalan dengan cara mereka sendiri,” sambungnya.

Untuk SMAK Fransiskus Saverius Ruteng, lanjut Kadis Gero, telah meluncurkan perpustakaan digital, jadi tidak ada lagi yang manual. Sementara SMP Negeri 4 Langke Rembong, pihaknya telah banyak menerapkan aplikasi pembelajaran daring berbasis android.

Laporan: Charles Abar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed