oleh

HUT Ke 75 RI; Naskah Asli Konsep Teks Proklamasi Tampil Di Mimbar Kehormatan Istana Negara

News Report.id – Naskah asli konsep teks Proklamasi tulisan tangan Bapak Proklamator RI, Ir. Soekarno, yang disimpan di Gedung Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) akan dihadirkan pada upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia ke 75 di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, pada Senin, 17 Agustus 2020, esok.

Naskah bersejarah tersebut, pada hari ini telah diserah terima dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) kepada Sekretariat Presiden. Dan direncakan disimpan di Istana Negara untuk selanjutnya naskah proklamasi itu akan ditampilkan di mimbar kehormatan saat upacara berlangsung di halaman Istana Merdeka. Proses serah terima tersebut dilakukan oleh Direktur Preservasi, Deputi Konservasi Arsip ANRI, Kandar, kepada Kepala Biro Umum, Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana Sekretariat Presiden, Yudhi Wijayanto.

Serah Terima Naskah Asli Konsep Teks Proklamasi (Foto Galih Pradipta/ANTARA FOTO)

Proses penyerahan itu disaksikan oleh Plt Kepala ANRI Taufik, Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana Sekretariat Presiden, Rika Kiswardani, dan Plt Deputi Konservasi Arsip ANRI Multi Siswati.

Menurut Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana Sekretariat Presiden, Rika Kiswardani, dokumen bersejarah tersebut selanjutnya akan diserahkan kembali kepada ANRI pada 18 Agustus 2020 mendatang, untuk mendapatkan penyimpanan dan perawatan terbaik.

Mudah-mudahan kita bisa jadi saksi dan pelaku sejarah karena peringatan hari ulang tahun kemerdekaan tahun ini berbeda yaitu masyarakat umum bisa mengikuti secara virtual di stasiun televisi ataupun secara virtual,” tutup Rika.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *