oleh

Heri Ngabut; Olahraga Harus Mendapat Perhatian Lebih

ADVETORIAL

Bakal Calon Wakil Bupati Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT) Heribertus Ngabut mengungkapkan olahraga merupakan salah satu potensi di Manggarai yang mesti mendapat perhatian lebih. Menurutnya begitu banyak potensi muda-mudi di Manggarai yang perlu dikembangkan ke depannya.

“Saya melihat Manggarai punya potensi ini (Olahraga).Mayoritas masyarakat Manggarai sangat menyukai berbagai cabang olahraga. Baik itu bola kaki, Bola Voli, Takraw hingga Bulu Tangkis,” kata Heri.

Lebih lanjut pria kelahiran Manggarai, 4 July 1962 ini menjelaskan, potensi itu sudah ada di akar rumput tinggal bagaimana mengelolahnya. Butuh kepekaan untuk mengembangkan potensi olahraga ini baik untuk melahirkan atlet-atlet tetapi juga membentuk masyarakat yang sehat secara jasmani maupun rohani.

“Sebagaimana ungkapan, dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat (Mensana in corpora sano). Masyarakat Manggarai sejatinya harus menata tubuh dan jiwanya sehingga jauh dari stress bahkan penyakit,” bebernya.

Mantan Ketua Asosiasi Kabupaten (Askap) PSSI Kabupaten Manggarai tersebut menerangkan, olahraga merangkul semua orang karena siapapun bisa terlibat. Bermain bola kaki atau bola voli misalnya, dapat menambah keakraban serta memperbanyak teman atau relasi.

“Bagi saya, olah raga itu adalah bahasa persatuan, membangkitkan solidaritas, sportifitas (kejujuran) dan menyentuh seluruh kalangan. Ini juga menggambarkan kerja keras dan kerjasama yang tentunya tercipta dalam suatu proses. Di sisi lain ini juga adalah seni,” kata dia.

Ia menambahkan, olahraga juga sangat cocok bagi kalangan muda dan menjadikannya sebagai media untuk bebas berekspresi. Bola Voli misalnya sangat digandrungi oleh muda-mudi di kampung sehingga hampir setiap sore bertanding di halaman (natas) kampong.

“Tanpa harus menunggu turnamen, mereka turun ke halaman kampung (natas). Tua muda turun untuk bermain untuk bermain bersama-sama,” ungkapnya.

Ia mengenang masa-masa mudanya, dimana saat itu di kampung-kampung masih ramai warga mengikuti olahraga sore seperti bola kaki, bola voley, hingga takraw. Sekarang masih ada, tapi bisa dihitung dengan jari.

“Semangat itu harus dihidupkan kembali, karena kita bisa menikmati kebersamaan di kampung, saling senyum dan saling sapa. Dulu kami sangat ramai dan banyak teman, kami saling rangkul,” kenangnya.

Heribertus Ngabut Saat Bermain Takraw Di Salah Satu Halaman Kampung

Ia mengakui, hal itu yang dirasakannya saat bermain takraw di salah satu Kampung baru-baru ini, saya benar-benar merasakan energi solidaritas itu, “ujarnya.

Menurutnya, warga Manggarai dimanapun berada memiliki kekuatan ini sehingga perlu dibangkitkan lagi. “Saat kita berolahraga, kita menanggalkan semua identitas kita sehingga tidak ada sekat antara satu dengan yang lainnya. Kita merasakan sebagai ase kae (adik kakak/ saudara) sebagai bagian dari suatu komunitas kampung. Kita membaur antara pemain yang satu dengan pemain yang lain,” tutupnya.

Untuk diketahui, Heribertus Ngabut adalah Bakal Calon Wakil Bupati Kabupaten Manggarai yang berpasangan dengan Herbertus Nabit. Pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Manggarai Desember 2020 mendatang, keduanya akan melawan pasangan Petahana Kamelus Deno dan Viktor Madur.

Tim Media Center Hery-Heri

*Isi naskah pada rubrik Advetorial ini sepenuhnya tanggung jawab pengirim dan/atau pemilik naskah berita.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed