oleh

Bupati Hery Nabit Minta OPD Maksimal Usul DAK 2023

Ruteng, Newsreport.id – Bupati Manggarai Herybertus G. L. Nabit, mengikuti sekaligus membuka Rapat Optimalisasi Usulan Kegiatan yang Bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK), Senin 14 Februari 2022.

Rapat ini menghadirkan Tim dari Kementerian Dalam Negeri RI (Kemendagri). Sedangkan pesertanya adalah seluruh Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para Sekretaris dan para Kepala Bidang yang ada di OPD lingkup Pemkab Manggarai.

Dalam rapat yang berlangsung di Aula Manggarai Convention Center (MCC) Ruteng, Bupati Hery Nabit menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting karena akan membahas tentang cara dan hal teknis dalam mengusulkan DAK. Selain itu juga sebagai bahan evaluasi dari pengalaman tahun sebelumnya yakni usulan DAK Kabupaten dinilai tidak maksimal.

“Bapak/Ibu sekalian, sebelum melanjutkan arahan, saya menyampaikan terima kasih atas kehadiran kita semua, baik Pimpinan OPD, para Sekretaris juga para Kepala Bidang. Sebab kegiatan ini sangat penting karena DAK menjadi salah satu penyokong atau sumber pembiayaan pembangunan yang tidak boleh dianggap enteng,” ujarnya.

Menurut Bupati Hery Nabit belajar dari pengalaman dan berpikir untuk adanya dukungan dan pengetahuan untuk kita semua dalam rapat ini.

“Jangan sampai lengah dalam usulan DAK, karena akan ada banyak yang menjadi korban dari kelengahan kita. Supaya Bapak/Ibu sekalian tahu apa yang menjadi persyaratan dan bagaimana proses teknis” katanya.

Bupati Hery Nabit berharap agar dengan pelaksanaan rapat optimalisasi ini, DAK Pemkab Manggarai untuk tahun 2023 lebih masksimal lagi. Sebab itu diminta komitmen semua OPD untuk memaksimalkan usulan, tetap waktu dan penuhi persayaratan yang ditentukan.

“Mari membuka diri dan komunikasi, kalau ada masalah laporkan segera. Mohon diikuti semua dengan dengan baik, perhatikan jadwal dan hal teknis. Kegiatan ini pasti akan bermanfaat mungkin bukan untuk diri masing masing tetapi utuk Manggarai ini. Ingat, saya dan Bapak-Ibu semua digaji oleh negara. Mari kita memberikan yang terbaik untuk Manggarai ini. Mari bekerja sama dan belajar bersama” ajak Bupati Hery Nanti.

Sementara itu Fungsional Perencanaan Keuangan, Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Didi Untung Wijayadi, dalam penjelasan awalnya memaparkan hal teknis tetang usulan DAK kepada semua peserta rapat. Ia meminta agar usulan DAK kabupaten Manggarai untuk tahun 2023 lebih maksimal.

“DAK tahun 2022 untuk Kabupaten Manggarai 128 Miliar, saya minta usulan DAK Kabupaten Manggarai tahun 2023 minimal 900 Miliar, kalau usulan kita kecil berarti kita tidak peduli dengan rakyat. Ajukan sebanyak-banyaknya” ujarnya.

Pernyataan awal Didi Untung Wijayadi ini mendapat respon positif peserta rapat. Semua peserta rapat secara sepontan memberikan aplaus yang meriah. Hingga saat ini rapat masih berlangsung. Rapat dipandu oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra, Frumensius Linus Tojo Kurniawan.

Sumber: Prokopim Manggarai

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed